CERITA SENIMAN HENNA NATURAL

Natural Henna Artist atau seniman henna natural berbeda dengan henna artist lainnya. Selain mampu menggambar dengan baik, mereka juga mampu meracik pasta berbahan dasar daun ini dengan mencampur berbagai bahan alami lainnya. Tak hanya sampai di situ, natural henna artist harus mengerti bahan-bahan apa saja yang digunakannya. Meskipun peminatnya belum begitu banyak, namun beberapa seniman henna natural tak henti-hentinya mengedukasi dan mengenalkan henna natural yang kaya akan khasiat ini.

Tantri Henna

Q: Sejak kapan suka anime dan henna?

A: Suka anime sejak kecil, jamannya nonton RCTI di rumah. Kalau nggak salah aku masih kelas 2 SD gitu. Jaman-jamannya Doraemon. Kalau henna, aku suka sejak dari jaman kuliah tahun 2008. Awalnya sih coba coba, lama-lama ketagihan. Haha.

Q: Kenapa memilih menggunakan henna natural?

A: Karena waktu aku pakai henna instan/fast henna, aku merasakan sendiri efek negatifnya. Kulit rasanya panas dan parahnya sampai terkelupas. Karena itulah aku mencari henna yang cocok untukku. Saat melihat henna artist luar negeri memakai henna natural, akhirnya aku mulai cari-cari info. Lalu aku putuskan beralih pada henna natural, karena ternyata henna natural bagiku lebih cantik dan menarik.

Q: Apa kendala menjadi henna artist yang suka anime dan Jejepangan alias Wibu?

A: Kendalanya di ide, kadang suka mentok. Trus sering diledekin oleh teman-teman, aku dibilang emak-emak Wibu. Tidak semua orang kan suka anime, tapi banyak juga yang tertarik ke anime gara-gara karyaku. Berarti racunku berhasil, kan? Haha.

Q: Apa saja suka dan duka menjadi henna artist Wibu?

A: Sukanya, aku bisa sekalian melepaskan unek-unek saat mendesain henna anime. Semacam katarsis gitulah. Karena ini sesuai dengan passion-ku, jadi mood-ku selalu bagus saat membuat henna anime. Banyak orang yang justru tertarik henna karena desain anime yang aku buat, lalu aku juga bisa menambah teman baru juga. Kadang aku suka menyampaikan pesan lewat karya henna animeku. Ketika pesannya tersampaikan pada penikmat seni, itu adalah suatu kepuasan bagiku.

- Advertisement -

Dukanya, paling kadang suka hilang ide atau art block, tapi jarang banget. Kadang aku disebut sebagi orang aneh, mungkin karena desain-desain yang aku buat seperti itu dan banyak yang mencibir juga.

Q: Apa pesan untuk calon klien yang ingin request henna bertema anime atau Jejepangan?

A: Pesannya, ekspresikan dan bebaskan dirimu dalam berkarya. Untuk permintaan henna anime, klien bisa mencari referensi untuk membantu menemukan gambar apa yang diinginkan. Ini lebih memudahkanku dalam membuat desain yang mereka inginkan.

Susi Henna

Q: Sejak kapan mulai bisnis henna? Dan kenapa memilih henna natural?

A: Saya memulai bisnis henna sejak tahun 2016. Tapi, kalau mulai belajar melukis henna sejak tahun 2015.

Saya memilih henna natural karena saya suka bau henna nya, suka warnanya yang alami, dan suka dengan tekstur pastanya.

Q: Apa saja kendala menjadi henna artist natural?

A: Kendalanya lumayan banyak, ya. Salah satunya kurangnya edukasi tentang henna natural. Karena dari cara pemakaian, henna natural itu sangat berbeda dengan henna instan/henna maroon yang kebanyakan dipakai henna artist di Indonesia. Sering kali klien yang memakai jasa henna saya salah kaprah dan salah pengertian. Mereka pikir, kalau pakai henna natural ini, jika henna sudah kering bisa dicuci dengan air. Padahal seharusnya, minimal henna ditahan dikulit selama 4jam, tapi lebih lama lebih bagus. Tujuannya supaya warna yang dihasilkan bagus dan pekat.

Q: Apa saja suka dan duka menjadi henna artist natural?

A: Suka nya ya banyak, ya. Karena akhirnya saya menemukan henna yang benar-benar alami. Dulu awal-awal terjun ke dunia henna, saya memakai henna instan/henna maroon. Tapi saya tidak suka baunya, teksturnya, dan warnanya. Terlebih lagi waktu itu saya banyak mendapat keluhan dari klien bahwa kulit mereka terasa panas saat memakainya.

Sekarang Alhamdulillah, saya bisa membuat henna untuk kulit, rambut, dan kuku dengan takaran yang pas, jadi nggak sembarangan.

Dukanya ya job jadi sepi karena banyak yang menolak memakai jasa henna saya. Karena kurangnya edukasi tadi, pengantin banyak yang nggak mau ribet, maunya cepet kering dan cepet cantik. Hehehe.

Q: Apa pesan untuk calon klien yang ingin menggunakan jasamu?

A: Pesanku untuk calon klien, sebelum menentukan henna artist siapa yang mau dipakai jasanya, ada baiknya untuk menanyakan kepada Henna Artist-nya bahan apa yang dipakai, bagaimana proses pewarnaannya, serta kelebihan dan kekurangannya. Saran saya, cobalah untuk memakai henna natural karena insyaallah lebih aman dan sehat untuk kulit.

Artikel sebelumyaSejarah Henna – Chapter 2 : Bagaimana Tumbuhan Henna Menyebar
Artikel berikutnyaSejarah Henna – Chapter 3 : Bagaimana Seni Henna Menyebar ke Berbagai Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here