PROFILE OF THE MONTH – NOVEMBER 2021

Asal Mula

Salah satu Male Henna Artist di Indonesia yang cukup mencuri perhatian adalah Bang Amin Wiratno atau lebih akrab dipanggil Bang AW. Saat pertama kali bertemu dengan beliau, kita tidak akan percaya bahwa pria berbadan tinggi besar itu mampu menciptakan gambar-gambar cantik nan feminine.

Bang AW yang berdomisili di Semarang Jawa Tengah memulai bisnis hennanya secara tidak sengaja dan hanya coba-coba. Semua bermula saat sang istri memanggil henna artist ke sanggar riasnya untuk belajar. Akan tetapi ternyata istrinya tidak bisa menggambar sama sekali, dan dari situlah ia iseng mencoba berlatih henna. Meskipun awalanya sangat susah, tapi semangatnya untuk belajar tidak pernah surut.

Belajar Henna

Ia mulai belajar basic-basic motif henna. Begitu ia mulai terbiasa dengan bentuk-bentuknya, Bang Aw mulai mencari informasi di Google sebelum mengenal henna artist lainnya di Instagram.

Butuh 4 bulan mempelajari henna sebelum ia menggambar klien pertamanya pada bulan Agustus 2018 lalu. Setelah mencoba, ia pun merasakan jika hobinya yang mempu menghasilkan uang ini ternyata sangat menyenangkan.

Apalagi melihat peluang bisnis henna di kota Semarang yang sangat besar, maka Bang AW akhirnya memutuskan untuk lebih serius terjun di dunia henna. Kini henna dan make up (rias pengantin) tidak dapat dipisahkan. Ibarat sayur tanpa garam, pengantin jaman sekarang tidak lengkap jika kedua tangannya tidak berhiaskan henna. Untuk poin ini, ia sangat berterima kasih pada Sanggar Rias Elok @elokmakeup yang telah membawa namanya dikenal di mana-mana.

- Advertisement -

Karya Henna Bang AW

Nail Art

Tak cukup hanya belajar henna. Bang AW juga serius mempelajari Nail Art yang ia pelajari dari Anna Henna Purworejo di tahun yang sama. Hal ini lakukan karena sekarang ini henna dan nail art ibarat satu paket. Mempelajari hal baru memang sangat ia sukai. Apalagi jika menghasilkan keuntungan.

Sejak 2018 hingga sekarang, Bang AW tidak menemui kendala sama sekali. Ia sendiri berpendapat jika henna sah-sah saja dipelajari oleh semua kalangan. Masalah gender, usia, status sosial, semua bisa berlajar henna jika ada niat yang kuat. Ia ingin suatu saat bisa menjadi henna artist top seperti Harin Mahendy, Fajar Henna, Bangshawin, Dirgantara Rio, dan Jeje Mahendy.

Sementara Tips untuk memulai belajar henna dan nail art menurutnya adal tiga hal, yaitu skill, tanggung jawab, dan mempunyai jiwa seni.

Nail Art Bang AW

Pengalaman

Untuk pengalaman paling tidak terlupakan. Yang paling Bang AW ingat adalah saat ia mengikuti workshop di Jakarta yang diadakan oleh Akbar Henna. Saat hari H, di dekat tempat acara tengah terjadi demo dan pihak panitia membatalkan acara sejam sebelum acara dimulai, lalu acara tersebut diundur sebulan kemudian. Akhirnya mau tidak mau, Bang AW harus datang kembali ke Jakarta demi mengikuti acara tersebut.

Ada satu kejadian yang juga tidak dapat ia lupakan saat ngejob. Menjelang acara ijab qobul, ibu dari pengantin putri mendadak pingsan dan spontan ia menggendong si ibu dari tempat acara ke rumah. Padahal jarak kedua tempat tersebut lumayan jauh. Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.

Alhamdulillah selama ngejob, Bang AW tidak pernah merasakan pengalaman sedih. Karena ketika bekerja, ia melakukannya dengan senang hati dan salah satu tugasnya adalah membawa aura happy itu supaya suasana dan prosesi menjadi menyenangkan. Inilah yang harus diingat oleh para Henna Artist pemula. Selain belajar dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, kenalilah teman-teman seprofesimu dan jangan saling menjatuhkan.

Salam satu cone!

Artikel sebelumyaProfile of The Month Oktober 2021 – Profil Anna Henna Purworejo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here