Profile of The Month Agustus 2021 – Profil Yuli Marrotan

Jika membahas Henna Natural di Indonesia, sosok Yuli Marrotan atau yang lebih dikenal dengan Ulie_AG adalah salah satu Henna Artist yang selalu mengkampanyekan dan mengenalkan Henna Natural pada masyarakat Indonesia. Henna Artist asal Palembang ini telah menggeluti dunia henna lebih dari sepuluh tahun dan sering mengadakan workshop Henna Natural di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

Yuli Marrotan
Yuli Marrotan

Perkenalan dengan Henna

Ketertarikannya dengan henna berawal saat booming film Ayat-Ayat Cinta. Saat itu ia melihat pemeran Aisyah yang menggunakan henna berwarna hitam. Sejak saat itulah ia penasaran dengan henna.

Kak Ulie mulai serius belajar mengukir dengan henna pada tahun 2008. Bahan-bahan yang ia gunakan kala itu masih harus dibeli online dari Amerika, karena belum tahu jika Henna powder (Bubuk Henna) berasal dari India. Namun, ketika berkesempatan pergi ke Malaysia, ia membeli perlengkapan henna yang banyak dijual di Kampung India.

Basic hobi menggambar sedari kecil membuatnya lebih mudah untuk belajar mengukir henna. Sementara untuk meracik henna, ia dipandu secara online via Skype oleh Catherine Carwrite Jonson, pemilik situs hennapage.com, serta Khadijah dari Henna Sooq melalui Facebook Messenger.

Di tahun yang sama pula Kak Ulie merambah bisnis jasa henna. Di Sumatera Barat sendiri tradisi malam berpacar atau malam bainnai masih terus diadakan, hal ini menjadi salah satu potensi untuk bisnisnya berkembang. Di Palembang yang masih kental adat melayu, henna merupakan penanda wanita telah dewasa dan wanita yang akan menikah.

- Advertisement -
Karya Ulie AG
Karya Ulie AG

Fokus di Bisnis Henna

Selain jasa, Kak Ulie juga menekuni bisnis jual beli perlengkapan henna. Tata cara bisnis jual beli yang harus mendatangkan barang-barang impor ia pelajari dari bagian purchasing (pengadaan barang) di kantor tempatnya bekerja.

Dulu ia bekerja di salah satu perusahaan migas di Palembang. Pekerjaan yang harus dilakukannya selama Sembilan jam, membuatnya hanya memiliki waktu malam dan weekend untuk melayani jasa henna wedding. Dan untuk jual beli perlengkapan henna secara online, ia menggunakan marketplace (Tokopedia) sejak pertama kali buka.

Melihat perkembangan jasa henna sekarang, Kak Ulie teringat bagaimana dulu ia sempat membuka lapak (booth henna) di Sunday Morning dengan tarif 5 hingga 10 ribu rupiah per gambar. Namun ketika henna wedding semakin booming, harga jasanya pun ikut naik.

Peralihan dari menggunakan henan instan ke henna natural di tahun 2010 mengalami cukup kendala karena pengantin yang tidak mendapatkan edukasi mengenai warna alami daun henna. Hal itulah yang membuatnya gencar menggelar pameran di seluruh Mall di Palembang.

Di tahun 2015 akhirnya ia memutuskan untuk resign kerja dan lebih fokus di bisnis henna wedding. Ia pun lebih gencar mencari klien dengan jaringan teman-teman dekat, teman kantor, wedding organizer, dekor pelaminan, dan fotografer. Hingga kini ia masih berpartner dengan salah satu Wedding Organizer (Didi Faldian WO).

Selama menjadi henna artist natural, kendala yang paling sering ia alami adalah pengantin yang hanya memiliki waktu cuti sehari sebelum acara. Karena seperti yang diketahui, untuk mendapatkan warna gelap yang sempurna, henna natural harus diaplikasikan dua hari sebelum acara.

Kendala yang lain datang dari sesama henna artist yang kadang lebih menonjolkan henna instan (henna dari bahan kimia) dan tidak memberikan edukasi yang jelas, kenapa warna henna natural tidak segelap henna instan. Menurutnya, di sinilah pentingnya henna artist menguasai macam-macam jenis henna. Sehingga dapat mengedukasi para calon pengantin tentang pemakaian henna yang baik dan benar. Karena yang sering terjadi, henna natural tidak menghasilkan warna yang pekat karena kurang pahamnya pemakaian dan perawatannya.

Tips untuk Henna Artist Pemula

Kak Ulie memberikan tips kepada teman-teman henna artist natural untuk mengenalkan bisnisnya dengan cara mengaplikasikan henna natural setiap minggu di tangan sendiri, teman, dan kerabat. Karena menurutnya, henna yang dipakai menjadi salah satu iklan berjalan atau marketing online.

Selalu rutin latihan setiap hari akan meningkatkan kualitas ukiran kita. Fokus pada hal yang ingin kita capai dengan mempelajari motif-motif henna terbaru dan teruslah berinovasi.

Selain itu, pilihlah role model henna artist yang sering memberikan tips dan trik dalam mempelajari henna. Kak Ulie sendiri mengidolakan beberapa henna artist yang sangat membantunya dalam mempelajari henna. Ada Catherine Catwrite Jonson, karena ilmu yang dibagikan secara gratis melalui website tentang henna, memberikan manfaat besar bagi setiap orang yang ingin mengetahui dan mempelajari henna dan seluk beluknya secara lengkap.

Lalu Khadijah Henna Sooq yang berjasa mengajarinya meracik henna dan membuatnya tetap fokus pada tujuannya menekuni bisnis herbal dari hasil eksperimen sendiri didukung oleh riset mahasiswa tentang manfaat-manfaat produk herbal yang dia jual.

Tak lupa Syra dan Mehroon dari SyraSkin, keluarga solid dengan bisnis henna dan jasa henna wedding dari Singapura.

Dan terakhir Siti Zahra Sulaiman atau lebih dikenal sebagai Aza_Hennaart. Dari Aza, Kak Ulie belajar ketekunan, fokus pada tujuan, dan selalu menekankan bahwa di mana usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Suka Duka sebagai Henna Artist

Selama lebih dari sepuluh tahun menekuni bisnis henna, suka dan duka sudah Kak Ulie lewati. Banyak kesan yang tak terlupakan. Seperti klien yang akhirnya menjadi teman dan sahabatnya, bahkan ada klien yang akhirnya menjadi murid henna. Bertemu dengan orang-orang hebat yang saling menghargai adalah sebuah berkah selama ia berbisnis.

Ada suka, pastilah ada duka. Pengalaman paling tidak terlupakan bagi Kak Ulie adalah ketika ada satu akun bodong di Instagram yang tiba-tiba menghujat salah satu henna artist yang menggunakan henna instan. Akun bodong tersebut bahkan dengan lihai menggunakan Bahasa Palembang. Orang-orang akhirnya berasumsi kalau akun bodong ini adalah dirinya. Hal ini jelas sangat merugikannya, karena membuat sesama henna artist berprasangka buruk terhadapnya, bahkan saudara kandungnya pun sampai percaya bahwa dialah pembuat akun bodong tersebut. Begitu diselidiki lebih jauh, dengan bantuan beberapa teman ahli IT, barulah terungkap jika ternyata si henna artist yang dihujat itulah si pembuat akun bodong tersebut. Ia sengaja membuat sensasi dengan menjadi korban demi menaikkan jumlah followers.

Karena itulah ia berpesan kepada teman-teman henna artist, khususnya untuk para pemula. Pertama, meninggilah sampai melambung tinggi tanpa menginjak orang lain. Karena jika Allah berkehendak ia tetap berdiri, maka ia akan tetap berdiri meski engkau berusaha membalikkan bumi untuk menjatuhkannya. Karena Allah itu ada.

Yang kedua, dokumentasikanlah seluruh hasil karyamu dan teruslah berlatih dan jangan melihat ke belakang, sampai waktunya engkau merasa jenuh, kemudian lihatlah ke belakang maha karyamu yang luar biasa.

Terakhir, jangan pernah bangga dengan apa yang dimiliki sekarang, karena di atas langit masih ada langit dan yang dimiliki di dunia tidak akan dibawa sampai mati.

 


Profile of the Month Juli

Profile of the Month September

Artikel sebelumyaProfile of The Month Juli 2021 – Profil Rio Dirgantara
Artikel berikutnyaProfile of The Month September 2021 – Profil Nadia Cavabia

2 KOMENTAR

  1. […] Profile of The Month Agustus 2021 – Profil Ulie_AG Profile of The Month Juli 2021 – Profil Rio Dirgantara Profile of The Month Juni 2021 – Profil Tulasi Henna Bali Profile of The Month Mei 2021 – Profil Khaila Henna Jogja Sejarah Henna – Chapter 8 : Kosmetik Merah Di Peradaban Aegean Kuno SemuaCerita HennaHenna QuoteJuleha’s CornerPengumumanProfil Seniman Henna […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here