NADYA CAVABIA

Logo Nadia Cavabia
Logo Nadia Cavabia

Jika mendengar nama Nadya Cavabia, yang terlintas pertama kali di pikiran adalah salah satu supplier perlengkapan henna terbaik di Indonesia. Adalah Kak Nadya, pendiri dan pemilik Henna Shop Cavabia yang berdomisili di Tuban Jawa Timur.

Henna Bagian dari Tradisi

Berdirinya Henna Shop Nadya Cavabia tak lepas dari kegemaran Kak Nadya yang sudah lama menjadi henna artist. Tumbuh di keluarga yang masih mewajibkan pemakaian henna setiap acara pernikahan membuat Kak Nadya tidak asing dengan henna sejak kecil. Tradisi henna night ala pengantin Arab adalah tradisi wajib dan turun-temurun di keluargnya.

Dulu ia biasa menggunakan henna natural yang tumbuh di pekarangan rumahnya. Biasanya ia akan menggiling daun henna dan memakainya di tangan dan mendiamkannya di kulit semalaman, lalu paginya ia bersihkan sebelum sholat subuh.

Bisnis

Meskipun tumbuh dengan mengenal henna, Kak Nadya mulai serius mempelajari seni lukis henna sejak bulan Januari tahun 2009. Awalnya ia hanya iseng memakai henna natural sisa pernikahannya yang sudah disimpan selama sebulan di kulkas. Lantas ia menggambar tangannya dengan desain yang dicarinya di internet. Karena dulu belum ada kursus henna sebanyak sekarang, Kak Nadya terpaksa belajar secara otodidak. Tak disangka, respons publik sangat positif. Hal itulah yang membuatnya percaya diri untuk mengulangi melukis henna. Sejak saat itulah mulai datang permintaan untuk menghenna orang lain.

Sejak memutuskan untuk serius terjun ke dunia henna, Kak Nadya sering mengimport dan menjual segala macam pernak-pernik dan asesoris dari India. Hal ini ia lakukan karena banyak sekali koneksi customer yang menyukai hal-hal berbau Bollywood dan pastinya juga mencintai henna.

- Advertisement -

Selain menjual peralatan henna, Kak Nadya juga belajar meracik henna yang pas dengan seleranya. Hal itu ia lakukan karena tidak nyaman menggunakan henna di pasaran/henna pabrikan. Ratusan kali trial error ia alami sebelum mendapatkan resep racikan yang pas dengan yang ia inginkan. Tak disangka peminat henna natural pun banyak, sehingga akhirnya ia putuskan untuk berjualan pasta henna natural juga.

Produk Nadia Cavabia
Produk Nadia Cavabia

Untuk urusan desain, karena ia pribadi belum menemukan desain yang khas, Kak Nadya biasa mengaplikasikan henna natural di kulitnya dan me-recreate desain dari beberapa henna artist favoritnya, seperti Tikasyi, Syraskins, Blisshenna by Zahra, TakitaHenna, Barbie Ima, Bharati Sanghani Mehndi, Naq Shaa, Khaila Henna Jogja, Rifas Henna Alain, dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Nadya Cavabia di kota Tuban pun makin mendapat respon yang sangat positif seiring bertambahnya henna artist yang bermunculan. Dibandingkan tahun 2009, kini Tuban memiliki jumlah henna artist yang lumayan banyak. Kak Nadya sendiri merupakan Founder KAHT (Komunitas Artist Henna Tuban) yang saat ini beranggotakan hampir 50 orang, meskipun ia yakin di Tuban memiliki henna artist yang lebih banyak dari itu.

Kiat Sukses

Sebagai pengusaha, Kak Nadya memberikan pandangannya soal berbisnis. Dalam setiap bisnis dan usaha apa pun itu, kendala pastilah selalu ada. Contohnya mulai dari persaingan harga yang saling menghancurkan, plagiat promosi, bahkan pencurian foto produk yang membuatnya geram. Semua itu kembali pada individu penjual masing-masing. Setiap usaha pastilah melewati kerikil-kerikil dan batu besar di jalan yang kita lewati, maka dari itu kita harus siap dan bekerja keras menyingkirkan rintangan-rintangan tersebut dengan akal yang cerdas. Karena tidak ada bisnis yang mendapat kesuksesan dengan cara instan tanpa rintangan.

Untuk mendapatkan tujuan, kita juga harus siap mengorbankan beberapa hal. Pengusaha sejati harus siap bekerja keras, berkorban tenaga dan pikiran supaya bisa memberikan inovasi dan motivasi kepada timnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik sehingga customer menjadi puas.

Nadia Cavabia
Nadia Cavabia

Model Bisnis Baru

Untuk bisnis henna sendiri, Kak Nadya juga memberikan solusi bagi teman-teman untuk mengembangkan bisnis henna seperti dirinya. Tidak perlu modal besar untuk memulai usaha henna, kini Nadya Cavabia tengah membuka peluang untuk para reseller di seluruh Indonesia. Cukup dengan modal kecil ataupun tanpa modal, semua orang bisa memulai bisnis Henna bersama Nadya Cavabia.

Tanpa perlu capek-capek mengumpulkan foto produk, memutar otak untuk caption promosi, berpusing-pusing mengumpulkan testimoni, bahkan Nadya Cavabia menerima dropship sehingga semua proses pengiriman mulai packing hingga ke kantor ekspedisi ditangai oleh Team Nadya Cavabia. Yang perlu dilakukan hanyalah promosi dan mengenalkan produk Nadya Cavabia ke lingkungan sekitar. Mudah bukan?

Kendala-kendala seperti ongkos kirim (ongkir) karena jauhnya jarak bisa diatasi dengan adanya agen-agen Nadya Cavabia yang tersebar di beberapa kota. Cukup cek daftar agen terdekat dari kota asal, ongkos kirim dijamin terjangkau.

Jika bingung dan tidak bisa menjawab pertanyaan customer, kita bisa langsung menghubungi owner yang akan membantu memberikan penjelasan lengkap soal produk sehingga kita dapat membuat customer yakin untuk membeli produk yang kita jual.

Suka Duka Bisnis Henna

Meskipun terbilang sukses sebagai pengusaha perlengkapan henna, pengalaman tidak mengenakkan juga dialami Kak Nadya. Karena memasang produknya di marketplace, ia sering merasa kecewa saat ada customer yang komplain dengan kata-kata yang tidak enak dibaca, bahkan bisa dibilang kejam karena sampai menghina. Alasannya pun biasanya karena kesalahan dari pihak ekspedisi, seperti waktu pengiriman yang lama, produk rusak karena ekspedisi yang kurang profesional, barang hilang, dan terakhir COD yang tidak mau diterima. Kak Nadya berharap semoga ke depannya customers lebih bijak dalam menilai dan tidak serta merta menyalahkan online shop untuk kesalahan ekspedisi.

Sementara untuk jasa henna, Kak Nadya sering mengalami pembayaran DP lancar, namun pelunasan terbilang lama hingga harus menagih beberapa kali. Ada juga pengalaman sudah deal harga awal sekian, tapi akhirnya yang dibayar tidak sesuai dengan kesepakatan.

Kak Nadya pun meyakinkan para customer-nya bahwa Nadya Cavabia tidak hanya memberikan janji, tapi juga bukti. Baik itu jasa ataupun produk.

Meskipun beberapa kali mendapatkan testimoni yang kurang mengenakkan, namun testimoni positif dan jujur dari ribuan customer tersimpan rapi di marketplace Nadya Cavabia.

Kak Nadya juga sangat berterima kasih karena banyak yang memercayakan jasanya dengan produk-produk dari Nadya Cavabia. Untuk ke depannya, semoga Nadya Cavabia selalu mampu memberikan yang terbaik dan lebih baik lagi, baik itu kualitas jasa, produk, dan pelayanan tim.

Nadia Cavabia di Shopee


Profile of the Month Agustus

 

Artikel sebelumyaProfile of The Month Agustus 2021 – Profil Ulie_AG
Artikel berikutnyaProfile of The Month Oktober 2021 – Profil Anna Henna Purworejo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here