FUNGSI HENNA UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT MESIR

Artikel Sejarah Henna sebelumnya

Henna Natural sebagai Anti Inflamasi

“Kak, punya salep jamur?”

Nggak. Emang kenapa, Juleha?

“Ituuu… Mas Bambang kan kehujanan terus, nah sekarang kakinya jamuran.”

Oooh, kakinya jamuran. Pakein henna natural aja, Juleha. Aku biasa pake itu.

- Advertisement -

“Emangnya henna natural bisa ngobatin jamuran?”

Bisa lho. Tau nggak kalo pasta henna natural itu bisa buat obat? Orang Mesir biasa pake henna untuk pengobatan kulit, seperti jamur dan kurap.

“Hah? Masa sih, Kak?”

Iya. Jadi kandungan lawsone di daun henna tuh bersifat anti-inflamasi dan efektif untuk penyakit kulit seperti jamur dan kurap. Di Papirus Ebers aja ditulis kalo henna juga digunakan untuk pengobatan penyakit pernafasan dan peredaran darah.

kandungan lawsone di daun henna tuh bersifat anti-inflamasi dan efektif untuk penyakit kulit seperti jamur dan kurap.

“Anti-inflamasi itu artinya apa, Kak?”

Anti-radang atau bersifat mengurangi peradangan. Nah, karena manfaatnya itulah orang Mesir biasa menggunakan henna yang dicampur minyak untuk olesan anti-jamur. Kenapa dicampur minyak, biar pas dipakai di kulit warna dari hennanya nggak terlalu pekat. Kalo henna dioles pada lapisan kulit yang jamuran, maka lama-lama jamur di kulit bakal hilang. Zat tanin di tumbuhan henna mengikat keratin di kulit dan membuat kulit jadi lebih kuat. Biasanya yang paling ampuh buat penghilang rasa gatal tuh henna yang berasal dari padang rumput.

Khasiat Lainnya

Selain itu, biji henna aja kalo diperas bakal keluar minyak dan biasa digunakan buat obat gosok, lho.

“Kakak punya bukti nggak kalo henna natural bener-bener dipake buat pengobatan? Kalo lagi-lagi buktinya Papirus Ebers mah, itu kan cuma tulisan. Bukan bukti otentik.”

Ada, kok. Ada bukti teks medis, lukisan, patung, dan penemuan pada rambut mumi yang pake henna. Ada juga bukti pada kuku-kuku mumi yang menggelap karena pake henna.

“Ooh, jadi begitu. Kalo gitu aku minta henna naturalnya ya, Kak.”

Boleh, dong. Satu cone harganya 25k.

“Lah, nggak gratis?”

Nggak, dong. Bahan-bahan buat pasta henna natural kan harganya lumayan. Kalo aku kasih gratis ke kamu, rugi, dong. Hihihihi.

“Idih, mata duitan banget, sih jadi orang!”

Biarin, wee…

bersambung…


Cerita oleh Mirna Yuliana dengan data disadur dari Henna Page

Artikel sebelumyaSejarah Henna – Chapter 6 : Tingkatan Henna Menurut Papirus Ebers
Artikel berikutnyaSejarah Henna – Chapter 8 : Kosmetik Merah Di Peradaban Aegean Kuno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here