Profile of the Month Bulan Maret 2021 Dian Rosianti

Dian Rosianti atau biasa dipanggil Bunda Dian adalah salah satu tokoh di dunia henna yang cukup dikenal. Dengan brand NANA HENNA, Bunda Dian yang berdomisili di Ungaran Jawa Tengah, memulai bisnis jasa henna-nya sejak tahun 2011.

Perkenalan dengan Henna

Awal mula ia mengenal henna bisa dibilang karena ketidaksengajaan. Saat itu karena saudaranya yang memiliki pacar (baca: online), memintanya untuk menggambar tangan dengan media henna. Tadinya beliau sama sekali belum pernah mengenal apa itu henna. Jadilah kala itu ia membeli henna dengan merk Arshoo. Brand henna yang kini terdengar asing di telinga.

Sejak itulah ia tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang henna. Mulailah ia mencari informasi di internet. Kala itu informasi tentang henna tidak semasif sekarang yang banyak tersebar di media Youtube, Facebook, Instagram, dll. Salah satu blog milik Henna Page memberinya informasi dan seluk beluk henna mulai dari A sampai Z. Super-lengkap.

Lewat informasi di internet itulah ia membeli henna pada salah satu Henna Artist di Palembang, Ulie AG. Tekadnya pun sudah bulat untuk mempelajari henna. Bahkan ketika ia memutuskan untuk kursus henna bersama Radha Henna Solo selama seminggu, suami dan ayah mertuanya sempat tidak menyetujui. Tapi semangatnya tak terbendung dan tidak menyurutkan niatnya belajar henna lebih jauh.

Tadinya ia berpikir bahwa apa yang ia pelajari hanya sekedar hobi, namun lambat laun hobinya itu beralih menjadi profesi.

- Advertisement -

Mulanya ia hanya melayani jasa henna fun/henna party. Namun, di tahun 2012 ia mulai melayani jasa henna wedding/henna pernikahan. Selain melayani jasa menggambar dengan henna, ia juga menjual beberapa merk henna pabrikan.

Kini ia lebih dominan memakai henna natural/henna berbahan bubuk daun henna. Ia menjual henna natural dalam bentuk bubuk dan pasta siap pakai. Selain itu ia juga menjual henna craft yang digunakan untuk benda-benda. Bunda Dian juga membuka kursus henna. Berminat belajar henna, kita bisa menghubungi beliau lewat Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

Perjalanan ke India

Tahun 2018 lalu, Bunda Dian dan beberapa orang henna artist dari Indonesia pernah bertandang ke India. Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya mereka sampai di pusat pemasok henna bubuk terbesar. Tepatnya di Sojat, Rajasthan.

Bagai anak kecil yang senang ketika disodorkan permen, begitulah Bunda Dian sewaktu menyaksikan tanaman bernama Latin Lawsonia Inermis itu tumbuh membentang luas. Ia tak sanggup menyembunyikan rasa senang-gembiranya ketika melihat hamparan hijau itu tumbuh subur di lahan dengan iklim panas tersebut.

Selama lebih dari sepuluh tahun ia menekuni henna, pengalaman menyenangkan dan menyedihkan sudah ia lewati. Ia pernah mendapat pelanggan yang ingin sekali kedua tangannya digambar henna, namun tidak diijinkan oleh keluarganya, karena mereka menganggap henna sama dengan tato dan dianggap haram. Padahal sejatinya henna bersifat temporer, sementara tato bersifat permanen. Dari segi bahan, keduanya pun berbeda.

Karena pernah mengalami hal-hal semacam itulah, Bunda Dian berharap henna artist pemula harus mempelajari henna dengan lengkap. Bukan hanya cara dan teknik menggambar, namun juga dari segi pengetahuan.

Henna Artist yang baik harus memiliki paket komplit. Tidak hanya mampu menggambar dengan indah, tapi tau asal-usul henna, bahannya apa saja, dan lebih oke lagi tentang sejarahnya”  – Dian Rosianti

 

Facebook: Dian Rosianti

Instagram: Dian Rosianti

Youtube: Dian Rosianti

Marketplace Shopee dan Tokopedia

Profile of the Month April 2021

Artikel sebelumyaHalo Dunia!
Artikel berikutnyaSejarah Henna – Chapter 1 : Awal Mula Henna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here